Proses indeks yang dilakukan oleh google perlu kita pahami agar kita dapat menentukan langkah terbaik terhadap blog atau website yang kita kelola. Hal ini sangat penting apalagi jika blog anda digunakan untuk
menjalankan bisnis online atau sebagai pendukungnya. Dengan paham proses yang terjadi, maka anda dapat menentukan langkah terbaik di masa mendatang, termasuk di dalamnya adalah tema artikel yang sebaiknya ditulis, proses optimasi tier 1, tier 2 dan seterusnya. Dan berikut ini kami berikan tutorial bagi anda tentang proses indexing ini agar anda dapat mengelola dan menentukan langkah terbaik.
- Proses crawl. Proses ini adalah tahap pertama yang terjadi yaitu kehadiran robot perayapan (robot spyder atau googlebot) mengunjungi konten anda. Baik konten baru publish ataupun karena konten tersebut mendapat link dofollow dari situs lain, misalnya dengan melakukan submit post pada direktori artikel dofollow atau hasil share di social media. Jadi jika setelah melakukan publish artikel, dan blog anda mengaktifkan auto share di social media (G+, twitter dan yang lainnya) maka cepat atau lambat googlebot akan datang dan melakukan perayapan (crawling). Makanya banyak blogger yang melakukan tindakan submit di social bookmark dan sosial media setelah melakukan publish artikel baru. Bagi anda yang ingin cepat, google webmaster menyediakan menu untuk pemanggilan googlebot melalui menu fetch as google (ambil sebagai google).
- Proses indeks. Setelah perayapan terjadi, maka data-data yang terkumpul oleh google spyder untuk dipilah tentang relevansi, keyword, kesamaan dengan konten lain (duplikasi konten), link yang tertanam dan hal lain, yang juga termasuk di dalamnya adalah keputusan apakah akan diindeks atau tidak. Jadi jika pada artikel anda terekam jejak copas, biasanya google tidak akan melakukan indeks.
- Proses ranking. Pemeringkatan dilakukan setelah google melakukan indeks. Biasanya saat konten anda terhubung oleh backlink dari situs lain, maka saat itu proses crawling "mengalir" lagi. Dan backlink ini dihitung sebagai rekomendasi (asalkan anda melakukannya dengan tepat). Jika ternyata konten yang memberi rekomendasi tersebut relevan dan anchor text-nya juga relevan, maka poin positif akan anda dapatkan, dalam hal ini ranking konten meningkat.
Nah jika anda memahami proses di atas, maka anda dapat menentukan tema konten selanjutnya, variasi kata kunci yang terkait sehingga mendukung situs utama serta melakukan optimasi tahap selanjutnya untuk konten yang sudah terindeks sehingga meraih posisi terbaik. Jika tujuan anda ingin mengangkat homepage, saran saya untuk
membuat artikel yang berkualitas yang relevan (terkait). Tetapi jika tujuan anda agar artikel tersebut meraih halaman pertama, maka sebaiknya cari backlink yang berkualitas yang mengarah dalam bentuk artikel. Jadi terkesan artikel anda menjadi rekomendasi dari situs berkualitas.